Seperti biasa tanpa basa basi kita langsung saja bahwa ada beberapa hal yang perlu jadi pertimbangan berkaitan dengan fb ads.
Audience
Menargetkan iklan secara umum bisa dengan 2 cara yaitu dengan menggunakan interest dan behaviour yang telah disediakan fb dan bisa juga dengan mencari audience sendiri dengan mengumpulkan uid.
Interest. Dengan menggunakan interest target market bisa spesifik namun sayang sekali kalau hanya menggunakan interest saja.
Behaviour. Behaviour lebih tertarget daripada interest. Namun opsinya lebih terbatas. Penggunaan behaviour tergantung pada produk, misalkan produk tentang fb ads bisa menargetkan orang-orang yang telah menggunakan fb ads secara aktif dan ini ada di behaviour.
Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah lokasi dan gender. Penargetan lokasi dan gender sangat penting namun ini hanya bisa diketahui keefektifannya dengan cara testing dan testing. Misalnya Anda menargetkan negara amerika negara bagian Alabama dengan Range umut 35-50 tahun, Anda bisa bandingkan dengan negara bagian yang lain dengan umur yang sama.
Cara paling jitu bermain fb ads adalah dengan mengumpulkan uid. Uid adalah identitas unik dari setiap user facebook. Setiap user yang aktif dalam suatu group atau page atau post tertentu dapat kita peroleh uidnya. Lalu apa bedanya dengan interest? dengan grab uid yang tepat tentu kualitas audience lebih baik daripada interest karena interest masih terlalu global dan disana banyak user yang sudah tidak aktif ataupun user abal-abalnya.
Lalu bagaimana cara mendapatkan UID yang tertarget.
Banyak software untuk grab uid.
1. SD Lead
SD Lead alias super duper lead adalah software untuk grab uid dari user yang like suatu post/status. software ini sangat powerfull dan sangat cepat dalam bekerja. dalam lima menit Anda bisa dapatkan ribuan hingga puluh ribuan uid yang tertarget. Dengan bantuan ini dapat dipastikan CTR akan tinggi setidaknya 10%.
2. Graph Grab
Fb Memiliki fitur yang sangat powerfull yaitu fb graph search, dengan fb graph search ini kita bisa temukan uid sangat tertarget, kalau kita kreatif hasilnya akan lebih tertarget daripada hasil dari SD Lead.
Lalu Bagaimana Cara mendapatkan Audience yang super targeted.
Mendapatkan audience yang sangat tertarget tentu dengan menggunakan berbagai fasilitas di facebook, karena sekarang facebook telah memberikan fitur dan yang paling powerfull menurut saya dalam hal pencarian audience super targeted adalah fitur audience insight.
UID yang telah kita dapatkan dengan menggunakan SD Lead, Graph Grab maupun software lain akan lebih bagus lagi kalau direview kembali dengan audience insight. Namun jumlahnya perlu dipertimbangkan, karena bisa saja hasilnya jadi sangat sedikit atau kurang dari 1000 audience.
Mendapatkan Biaya Iklan yang Murah
Mendapatkan iklan dengan biaya yang murah kuncinya adalah di CTR, semakin tinggi CTR maka akan semakin murah juga ad costnya. Dengan teknik pencarian audience seperti diatas, dapat dipastikan CTR bisa mencapai 10% bahkan lebih. Bila dikombinasikan dengan pemilihan ads image dan ads copy yang baik, CTR bisa menjadi lebih tinggi lagi.
Ads Image
Ads Image tentunya tidak menyalahi aturan dari facebook. Selama ini ads Image yang sering saya gunakan berupa gambar wajah close up disertai dengan senyum, biasanya memiliki konversi yang cukup tinggi, apalagi bila ditambahkan dengan colour border yang relevan. ads image seperti ini adalah yang paling aman menurut saya dan konversinya pun cukup tinggi. ads image dengan objek manusia baik itu hanya wajah maupun tampak lengkap seluruh badannya, memiliki konversi yang tinggi meskipun sederhana.
Ads Copy
Ad copy atau kata-kata yang ada di dalam iklan sangat penting dan seperti halnya image ad, tidak boleh menyalahi aturan. Bila Anda merasa keberatan membuat ad copy sendiri bisa dengan copy paste dari fanspage yang serupa. tentunya untuk memudahkan sebaiknya gunakan fb graph search. namun bila dilakukan editing tentu lebih bagus lagi. fanspage yang cukup banyak artikel copas akan dirubah kategorinya menjadi fans community oleh facebook.
Link
Fb semakin hari selalu menambah aturan dalam penggunaan link, karena itu sekarang bagi pemasar produk clickbank sudah tidak bisa lagi langsung menampilkan link afiliasi clickbank, bahkan dengan menggunakan url shorter seperti tinyurl dan bitly juga sudah tidak bisa. Salah satu cara yang masih mujarab terkait link hingga sekarang adalah dengan menggunakan iframe, atau dengan menggunakan plugin wp seperti link jacker namun saya merasa lebih aman menggunakan iframe.
Testing
Testing adalah tahap yang paling yang sangat penting dalam beriklan. Namun tidak ada teori yang bisa langsung diaplikasikan karena testing adalah dengan memperbanyak praktek, semakin banyak melakukan testing maka akan semakin iklan menguntungkan yang akan kita dapatkan. Untuk melakukan testing pastikan setiap iklan memiliki semacam kode traking sehingga kita bisa tau betul tingkat koversinya, dan dalam sekali ad running untuk iklan yang masih ditest jangan menjalankan beberapa iklan sekaligus dalam satu campaign karena reviewnya akan semakin sulit.
ADS HERE !!!