KENAPA GAGAL CLOSING ? ]
Belakangan ini saya kerapkali mendapatkan pertanyaan dari rekan-rekan yang menghubungi, kenapa sulit sekali mengclosing penjualan produk mereka. Terlepas dari mereka sudah memiliki buku-buku marketing yang ditulis Kang Dewa Eka Prayoga atau belum. Atau bahkan sudah punya namun belum dipraktekkan.
Saya bukan lah dewa selling atau jagoan selling seperti Kang Dewa, namun dari pengalaman jualan selama ini saya mendapati ada 5 poin kenapa kita susah atau gagal closing :
1. SEGMEN dan TARGET PASAR Yang Tepat.
Kalau bahasa guru saya, jangan jualan tasbih di depan diskotik, dan jangan jualan vodka di depan masjid. Tidak akan laku. Maka pastikan Anda sudah mengenali dulu siapa segmen dan target pasar dari produk yang Anda jual.
Seperti halnya menjual produk premium yang mahal di kelas masyarakat ekonomi menengah bawah, jelas susah dan sering gagal closing.
2. Cara PROMOSI Anda Bagaimana ?
Ada banyak media promosi yang bisa kita gunakan. Namun demikian, coba dipelajari bagaimana karakter media yang kita gunakan untuk promosi. Karena beda media promosi, beda pula susunan poin-poin promosinya.
Ini sudah sering saya tekankan kepada rekan-rekan member COPYWRITER's SECRET CLUB, sebelum buku Easy Copywriting datang. Sekarang, Anda tentu sudah memegang buku EASY COPYWRITING kan? Nah, tinggal dipelajari. Salah satu bab yang ditulis Kang Dewa sudah menjabarkan poin-poin yang perlu diperhatikan untuk setiap media promosi.
Jika di promosi saja sudah payah, bagaimana mau mendapatkan closing? Padahal tujuan promosi adalah agar orang menghubungi kita untuk kemudian kita closing.
Tapi ngomong-ngomong.... Anda sungguh sudah punya buku Easy Copywriting kan?
3. Teknik CLOSING Yang JITU.
Promosinya sudah bagus, sudah banyak yang menghubungi tapi tidak ada yang closing? Tidak ada yang membeli? Maka TEKNIK CLOSINGnya perlu ditingkatkan lagi kualitasnya.
Kalau Anda menggunakan tim CS untuk menghandle calon pembeli yang menghubungi, maka ajari CS Anda TEKNIK CLOSING yang bagus.
Untuk referensi terbaik, dari sekian banyak buku yang saya baca, paling sederhana, mudah dicerna, dan mudah dipraktekkan adalah bukunya Kang Dewa, 30 HARI JAGO JUALAN.
Anda juga sudah punya kan, buku 30 Hari Jago Jualan? Jangan bilang Anda belum punya.
tongue emoticon
4. Siapa "ANDA" atau "APA"?
Salah 1 faktor terjadinya penjualan, khususnya jualan online adalah siapa Anda (baca: penjualnya) ?
Apakah Anda cukup dikenal? Apakah Anda punya track record yang baik? Apakah Anda cukup dipercaya?
Maka kuncinya adalah membangun authority / otoritas sehingga Anda memiliki pengaruh yang kuat untuk membuat orang mau membeli dari Anda.
Dan... jangan lupa membangun kedekatan dengan calon pembeli maupun orang yang sudah membeli dengan Anda, sehingga mereka menjadi loyal dengan Anda. No Rapport, No Sales.
5. MENGGEDOR PINTU LANGIT
Jika poin 1 - 4 sudah Anda lakukan dengan baik semuanya, namun masih juga begitu-begitu saja, mungkin ada baiknya Anda memperbaiki hubungan dengan Sang Pemberi Rezeki.
Gedor pintu langit agar terbuka dan turun semua rezeki yang tertahan. Untuk ini, saya yakin Anda masing-masing sudah tahu caranya. Sering-sering lah beramal dan berbuat baik. Jangan lupa perbaiki kualitas ibadah.
Sebelum saya akhiri... bagi Anda yang belum memiliki buku 30 Hari Jago Jualan dan Easy Copywriting, silahkan hubungi saya untuk memilikinya. Saya akan berusaha membantu Anda untuk mempraktekkan isinya sehingga menjadi bermanfat.
Demikian. Semoga sharing sore ini bermanfaat untuk Anda semua.
Salam hangat,
ADS HERE !!!